Jumat, 18 November 2011

Catatan Kuliah 5

Sikap dan Perilaku 




 Sikap 

Adalah sikap terhadap suatu obyek, isue atau seseorang pada dasarnya merupakan perasaan suka atau tidak suka, tertarik atau tidak, percaya atau tidak, dan seterusnya. Kita juga berasumsi bahwa perasaan itu dapat direfleksikan dalam bentuk pernyataan yang dibuatnya, cara seseorang melakukan tindakan terhadap obyek sikap, dan reaksinya terhadap ekspresi opini dari orang lain. Dengan kata lain sikap memiliki keterkaitan dengan perasaan di satu sisi dan perilaku disi lain. 

Hubungan sikap dan  tingkah laku (Perilaku)  

sangat berkaitan, karena kita bertingkah laku ataupun berperilaku biasanya sesuai dengan sikap yang ada dalam diri kita. Dari sebuah sikap maka terciptalah sebuah tingkah laku.
Landasan Pendapat;
Menurut, Sri Utami Rahayuningsih (2008) Psikologi Umum 2 – Bab 1: Sikap (Attitude) adalah Berorientasi kepada respon : : sikap adalah suatu bentuk dari perasaan, yaitu perasaan mendukung atau memihak (favourable) maupun perasaan tidak mendukung (Unfavourable) pada suatu objek. Untuk lebih baiknya anda melakukan cross-cek dengan teori psikologi sosial. 

Perubahan Sikap 

 

Definisi Perubahan Sikap 

Sikap dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti “perbuatan, perilaku, atau gerak”, sedangkan dalam kamus Psikologi oleh Chaplin, diungkapkan bahwa “Sikap” berarti “Satu predisposisi atau kecenderungan yang relative stabil dan berlangsung terus-menerus untuk bertingkah laku atau untuk mereaksi dengan satu cara tertentu terhadap pribadi lain, objek, lembaga, atau persoalan tertentu”. Jadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa definisi perubahan sikap yaitu “Peralihan atau pergeseran kecenderungan untuk bertingkah laku terhadap suatu objek karena adanya suatu perubahan dari lingkungannya”.


Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perubahan Sikap 

Faktor internal
(individu itu sendiri), yaitu cara individu dalam menanggapi dunia luarnya dengan selektif sehingga tidak semua yang datang akan diterima atau ditolak. 

Faktor eksternal
yaitu keadaan-keadaan yang ada di luar individu yang merupakan stimulus untuk membentuk atau mengubah sikap.

http://healthiskesehatan.blogspot.com/2011/06/teori-hubungan-sikap-dengan-perilaku.html


1 komentar:

  1. hai... aku lg bikin penelitian nih, salah satunya dari rahayuningsih itu, tapi karena banyak bgt buku yg kupinjem dari perpus aku lupa nulis buku itu di daftar pustakaku. boleh minta sama kamu gak data buku itu untuk jd dapus? makasih sblumnya...

    BalasHapus