Senin, 02 April 2012

Catatan kuliah 2


Komunikasi verbal dalam komunikasi antarpribadi

A. Pengertian Komunikasi Nonverbal dan Bahasa Tubuh
            Komunikasi nonverbal adalah semua ekspresi eksternal selain kata-kata terucap atau tertulis. Menurut jandt yang menyebutkan komunikasi sebagai pesan yang disampaikan tanpa menggunakan kata-kata atau bisa disebut juga sebagai penggunaan secara internasional seperti menggunakan simbol non lisan untuk mengomunikasikan pesan tertentu. Dari perspektif ini komunikasi merujuk pada tindakan secara luas menurut jandt, komunikasi nonverbal mengaruh pada unsur-unsur lingkungan yang di pergunakan manusia dalam berkomunikasi.
Berdasarkan penegrtian luas tersebut maka kita bisa membedakan dengan tegas antara komunikasi nonverbal dan bahasa tubuh .
Bahasa tubuh adalah penyampaian pesan nonlisan yang menggunakan pesan kemampuan seluruh anggota badan untuk menyampaikan pesan.

B. FUNGSI KOMUNIKASI NONVERBAL
            Fungsi komunikasi nonverbal dalam komunikasi manusia
1. Menggantikan pesan lisan, biasanya dilakukan bila situasi tak mungkin untuk menyampainkan pesan lisan. Misalnya, dalam kebisingan saat menyaksikan konsep musik maka orang berkomunikasi dengan menggunakan isarat.
2. Menyampaikan pesan-pesan yang tak enak disampaikan secara lisan misalnya, sepasang kekasih yang jatuh cinta merasa malu untuk menyatakan cintanya secara verbal. Namun mereka lebih menggungkapkan pandangan mata.
3. Membentuk kesan yang mengarahkan komunikasi, saat kita melamar kerja     pada saat diwawancarai kita menggunakan pakaian yang rapih dan sopan.
4. Mempererat relasi, misalnya “akulah yang paling berkuasa disini’’. Dengan menggenakan pakaian kebesaran atau simbol kekuasaan.
5. Mengatur interaksi, mana kala kita terlibat dalam percakapan antarpribadi misalnya, kita menggangkat tangan yang menunjukan kita meminta waktu untuk diberi kesempatan berbicara.
6. Memperkuat dan memodifikasi pesan verbal, misalnya kita menceritakan tabrakan kereta api dengan tangan kanan dan kiri untuk menggambarkan tabrakan itu.

C. JENIS – JENIS KOMUNIKASI NONVERBAL
1. Proxemics (kedekatan) untuk menunjukan adakalanya ruang atau teritorial baku dan ruang personal yang digunakan dalam berkomunikasi
2. Kinesics (kinesik)
Menunjukan gerak – gerik atau sikap tubuh, gerak tubuh, ekspresi wajah.
3. Chronemics (kronemiks) yang berkaitan dengan waktu dengan memandang waktu itu berjalan linear atau mengikuti garis lurus yang bergerak lurus dari titik awal ketitik akir.
4. Paralangue (parabahasa), menunnjukan unsur nonverbal suatu dalam percakapan verbal, meliputi karakter vocal,.
5. Kebisuan,kebisuan bisa mengomunikasikan persetujuan,apatis,terpesona,binggung dan menyesal.
6. Haptics,berkaitan dengan penggunaan sentuhan dalm komunikasi
7. Tampilan fisik dan busana, Misalnya orang melayat pakai baju hitam
8. Olfatics, berhubungan dengan indra penciuman dalam komunikasi nonverbal
9. Oculesics, menunjukan pesan malalui mata ,mata melotot menunjukan bahwa ia sedang marah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar